KONSULTASI KEDUA PENYUSUNAN ROADMAP PROGRAM KOMPAK DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

DSC05705

Mataram, 04 Desember 2018. Kegiatan konsultasi penyusunan RoadMap ini dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi NTB, Bapak Ridwan Syah, MM.,M.Sc.,MTP selain dihadiri oleh perwakilan pemerintah pusat (Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Keuangan) juga dihadiri oleh Ibu Michelle Low, DSC05651Counsellor for Human Development Kedutaan Australia Jakarta, Ibu Enurlela Hasanah, Deputy Director Implementasi KOMPAK Jakarta dan Anja Kusuma, Provincial Manager KOMPAK NTB. Dalam kesempatan tersebut, DSC05690kepala Bappeda Prov. NTB mengapresiasi KOMPAK NTB sebagai salah satu mitra setrategis pemerintah daerah yang selalu hadir dalam memberikan dukungan untuk mewujudkan target pembangunan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai RPJMD. Penyusunan provincial roadmap ini menjadi momentum yang penting karena pada saat yang bersamaan pemda juga sedang dalam proses penyusunan RPJMD untuk periode 2019-2023, sehingga apa yang dilakukan KOMPAK adalah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pemerintah daerah dalam mempercepat penurunan kemiskinan serta meningkatkan akses pelayanan dasar terutama pada kelompok masyarakat miskin. Peran KOMPAK menjadi salah satu pilar penting untuk mewujudkan target dan sasaran pembangunan daerah yang telah dietapkan dalam RPJMD melalui jalur kemitraan pembangunan daerah.

Program KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat Dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan) merupakan kemitraan antara Pemerintah Australia dan Indonesia dalam mendukung  program pengentasan kemiskinan Pemerintah Indonesia yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

DSC05694KOMPAK memfokuskan kegiatannya pada tiga area:

  1. Peningkatan akses, kualitas dan penyelenggaraan pelayanan dasar di bidang kesehatan, pendidikan dan identitas hukum;
  2. Penguatan tata kelola pemerintah desa dan partisipasi masyarakat serta pembangunan berbasis masyarakat;
  3. Pengembangan peluang-peluang ekonomi produktif terutama di sektor non-pertanian.

Tahap pertama program KOMPAK dimulai bulan Agustus 2015 akan berakhir bulan Desember 2018, dan tahap kedua akan dimulai bulan Januari 2019 sampai Desember 2022.

Kegiatan Konsultasi penyusunan RoadMap atau Peta Jalan program KOMPAK di Provinsi NTB dimaksudkan untuk memperoleh masukan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten terkait masalah dan ide solusi dibidang pelayanan dasar (pendidikan, kesehatan dan akta kelahiran), penguatan tata kelola desa serta pengembangan peluang ekonomi lokal sebagai dasar penyusunan program KOMPAK tahun 2019-2022.