ISLAMIC RELIEF GERMANY PERKUAT PROGRAM WASH PEMERINTAH PROVINSI NTB

By | October 3, 2014

Kini dan kedepan Islamic Relief Germany akan mendukung secara penuh program Pemerintah Provinsi NTB, tidak saja program air bersih/air minum dan sanitasi (Water, Sanitation and Hygiene-WASH) , akan tetapi juga program sosial dasar kemasyarakatan.3/10/2014.J
CSC_0077

Ungkapan tersebut disampaikan ketua rombongan Islamic Relief Germany – Erdin Kadunic didampingi Syed Abdul Razak (country directur Islamic Relief Indonesia) serta tim dari German dan Dubae lainnya di ruang rapat Kepala Bappeda Provinsi NTB saat penerimaan kunjungan sekaligus silaturrahim Donor Islamic Relief Germany ke NTB oleh Kepala Bappeda Provinsi NTB Chairul Mahsul, Mengawali penerimaannya, Kepala Bappeda menyampaikan kondisi daerah NTB baik di Pulau Lombok maupun kondisi di Pulau Sumbawa. Lebih jauh Chairul Mahsul menjelaskan bahwa saat ini pemerintah Provinsi NTB fokus pada program air bersih/air minum dan sanitasi, serta program strategis lainnya dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kesehatan masyarakat, menurunkan angka kematian ibu melahirkan, menurunkan angka kematian bayi, menurunkan prevalensi gizi kurang, meningkatkan pendidikan masyarakat, menurunkan angka buta huruf dll.
Lebih lanjut, Pemerintah Provinsi NTB bersama Pemerintah dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota serta lembaga donor lainnya terus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan air bersih/air minum dan sanitasi serta permasalahan sosial lainnya di Daerah NTB, tidak terkecuali bersama Lembaga Islamic Rilief. Intervensi program ini mulai dari hulu sampai hilir, sehingga program ini betul-betul dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat NTB.
Dalam upaya mensukseskan program ini jelas Chairul Mahsul, disamping melakukan kerjasama dengan Lembaga/Donor/NGO, juga melakukan berbagai langkah strategis termasuk menyusun master plant dan regulasi percepatan pencapaian program. Hal yang lebih penting dukungannya adalah peran Donor Islami Relief agar lebih kuat dalam membantu pemerintah Provinsi NTB.
Merespon harapan Kepala Bappeda, Ketua Islamic Relief German mengatakan bahwa saat ini dan kedepan Donor Islamic Relief Germani akan membantu Pemerintah Provinsi NTB dalam mengatasi permasalahan air bersih/air minum dan sanitasi di daerah NTB. Disamping itu Islamic Relief juga akan melaksanakan program-program sosial dasar lainnya yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat seperti program yang mempunyai keberpihakan pada anak, program untuk pembedayaan masyarakat berupa industry jamur tiram, program mengatasi resiko bencana berbasis rumah ibadah, program pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan banyak program sosial lainnya.
Dalam upaya membantu pemerintah Provinsi NTB mengatasi masalah air bersih/air minum, Islamic Relief telah membangun sumur bor pada 12 titik di NTB dimana 8 titik di Kabupaten Lombok Timur dan 4 titik di Kabupaten Lombok Barat. Disamping itu saat ini Islamic Relief memberikan bantuan ternak korban sebanyak 55 ekor sapi yang disebarkan di wilayah NTB.
Selama sepekan kunjungan kerjanya di NTB, Donor Islamic Relief akan berkunjung ke Kabupaten Lombok Timur di Desa Loyok untuk melihat secara langsung perkembangan program air bersih melalui sumur bor yang telah dibangun di Desa setempat. Disamping itu ke Gerung dan beberapa wilayah lainnya.