FORUM STANDARDISASI TIK

Forum Standardisasi-1

Sebagai salah satu upaya meningkatkan wawasan dan pemahaman di bidang standardisasi teknologi informasi dan komunikasi serta untuk menciptakan ekosistem industri teknologi informasi dan komunikasi yang mandiri dan produktif, Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatik Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Forum Standardisasi.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Juli 2017, bertempat di Hotel Lombok Astoria, Mataram, Nusa Tenggara Barat

Kegiatan Forum Standardisasi kali ini mengangkat tema Standardisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mendukung Penyediaan Infrastruktur Telekomunikasi dan dibuka secara resmi oleh Kepada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, hadir Ir. Mochamad HadiyanaM.Eng., Plt. Direktur standardisasi Perangkat Pos dan Informatika. Dalam sambutannya, Tri Budiprayitno selaku Kepala Dinas Kominfotik menyatakan pentingya pemerintah hadir untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di tengah masyarakat dan dalam konteks urusan Komunikasi dan Informatika maka Pemerintah harus menyediakan sarana dan prasarana komunikasi dan informatika yang dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahannya.

Acara yang dilaksanakan dari pagi hingga sore hari ini menampilkan beberapa pembicara dari pusat dan daerah. Pada Sesi Pertama, ditampilkan 3 orang pembicara, yaitu pembicara pertama Teddy Sukardi selaku Wakil Ketua Komite Teknis 35-01 : Teknologi Informasi yang membawakan materi Perumusan dan Penerapan SNI di Bidang Teknologi Informasi. Pembicara Kedua, Ir. Mochamad HadiyanaM.Eng., Plt. Direktur standardisasi Perangkat Pos dan Informatika mendapat giliran untuk menjelaskan materi Standardisasi TIK/ Infrastructure sharing. Kepala Dinask Kominfotik Provinsi NTB, Tri Budiprayitno mendapat kesempatan ketiga untuk menyampaikan materi Dukungan Standardisasi TIK terhadap Pembangunan di Wilayah Nusa Tenggara Barat.

Lepas waktu istirahat makan siang dan sholat dzuhur, dilanjutkan acara sesi kedua yang juga menampilkan 3 orang pembicara. Ibu Intan Rahayu selaku Kasubdit Budaya Keamanan Informasi tampil pertama untuk menjelaskan Pengamanan Infrastruktur di Bidang TIK. Pembicara selanjutnya M. Neil El Himam memaparkan tentang Penerapan SNI Pengujian Perangkat Lunak pada Startup Aplikasi, lalu sebagai pembicara terakhir, Bapak I Gede Pasek Suta Wijaya dari Fakultar Teknik Informatika Universitas Mataram menyajikan materi Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Nusa Tenggara Barat.

Tak Kurang dari 98 orang peserta hadir dalam acara forum standardisasi TIK kali ini. Mereka mewakili beragam institusi, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/ Kota, Perusahaan Swasta, LSM, hingga Komunitas di wilayah Nusa Tenggara Barat. Mereka cukup antusias mengikuti acara dari pagi hingga sore hari dan pada sesi tanya jawab banyak mengajukan pertanyaan seputar penerapan Standardisasi TIK di tempat kerjanya.

Sumber:http://diskominfotik.ntbprov.go.id/content/forum-standardisasi-tik-upaya-untuk-meningkatkan-wawasan-dan-pemahaman-di-bidang