Focus Group Discussion (FGD) Pra Forum SKPD 10 – 12 Februari 2015

By | February 11, 2015

Hari Selasa, 10 Februari 2015, Bapak Sekretaris Daerah Provinsi NTB membuka Acara FGD Pra Forum SKPD yang bertempat di Ruang Rapat Batu Jai Kantor Bappeda Provinsi NTB. Dalam arahannya beliau menyatakan pertemuan ini tidak dimaksudkan untuk membahas isu-isu strategis pembangunan daerah semata, melainkan juga bertujuan untuk mencapai target Indikator yang termuat di dalam RPJMD Provinsi NTB. Selain itu juga agar dipastikan pencapaian indikator Kinerja yang telah tersusun mulai dari sasaran strategis yang ingin dicapai, Program utama dan program pendukung yang telah disiapkan serta juga kegiatan-kegiatan yang sudah difokuskan agar perubahan menuju perencanaan pembangunan yang lebih baik kedepannya bagi Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dengan melibatkan kalangan akademisi dan perguruan tinggi berlangsungnya FGD ini sangat mendukung sebagai upaya merumuskan suatu persepsi yang sama dalam membangun Provinsi Nusa Tenggara Barat. Diharapkan dengan metode FGD dengan cara menyampaian gagasan isu strategis yang akan dicapai melalui program kegiatan seluruh SKPD dapat bersinergis secara optimal dan berdampak kepada masyarakat.

 Adapun Isu isu Strategis yang dibahas di dalam FGD meliputi :

  1. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik
  2. Kualitas Lingkungan Hidup
  3. Generasi Emas, serta
  4. Masalah Kemiskinan

Lebih spesifik lagi FGD ini dilaksanakan untuk membahas isu strategis pembangunan daerah secara terpadu guna mendalami sasaran dan target program strategis SKPD berdasarkan RPJMD dan Renstra SKPD 2013 – 1018 yang telah disusun. FGD juga dimaksudkan agar menuju capaian strategis di tahun 2016, dimana lokasi kegiatan yang ingin dicapai dan yang terpenting juga agar seluruh SKPD meramu program kegiatan di dalam RKA masing-masing yang akan disiapkan dalam pembahasan pada Forum SKPD sebagai tahapan selanjutnya setelah FGD . Dengan demikian ketika Forum SKPD berlangsung diharapkan Program kegiatan SKPD Provinsi akan sinergis dengan kegiatan Strategis yang akan dilakukan pula di Kabupaten/Kota.