EVALUASI PROGRAM PRIORITAS DAN CAPAIAN INDIKATOR KONERJA RPJMD

By | July 19, 2016

Dalam rangka penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBDP) Tahun 2016 dan RAPBD Tahun 2017, Bappeda Provinsi NTB melaksanakan evaluasi Program Prioritas dan Capaian Indikator Kinerja RPJMD Provinsi NTB Tahun 2013-2018. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, H. Rosiady Sayuti, Kepala Bappeda, Ridwan Syah, Assisten Tata Praja dan Aparatur, Agus Patria, dan seluruh pimpinan SKPD Provinsi NTB.

20160718_1Ridwan Syah dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa dari 31 indikator kinerja RPJMD tersebut, 17 indikator sudah tercapai dan 14 indikator masih belum tercapai. Atau dengan kata lain baru 54,84% indikator kinerja yang tercapai. Dari 14 indikator kinerja yang belum tercapai tersebut, ada beberapa indikator yang akan tercapai, namun ada pula indikator yang sulit tercapai. Semua hasil evaluasi ini nantinya akan dibawa ke dalam pembahasan klinis program dan kegiatan dalam RAPBDP yang akan dilaksanakan pada hari Kamis (21/7) besok lusa.

20160718H. Rosiady Sayuti dalam arahannya meminta kepada seluruh SKPD untuk lebih fokus dalam mengarahkan program dan kegiatannya untuk pencapaian indikator tersebut. Sekda NTB tersebut juga mengarahkan beberapa program dan kegiatan yang dapat meningkatkan pencapaian indikator. Selain itu beliau juga memberikan beberapa contoh strategi untuk mencapai indikator tersebut. Rosiady juga mengarahkan agar program-program aspirasi dapat ditujukan untuk pencapaian indikator pembangunan tersebut. Beliau menegaskan bahwa bila kita mau dan bersungguh-sungguh untuk bekerja, maka indikator yang sulit pun insya Allah akan dapat tercapai.

20160718_2Sebelum kegiatan ini berakhir dilakukan tanya jawab dan sharing pendapat antara Sekda NTB dan Kepala Bappeda dengan para pimpinan SKPD. Lain itu juga terdapat beberapa klarifikasi data terbaru dari SKPD tentang capaian indikator kinerja tersebut berdasarkan hasil dari penilaian Pemerintah Pusat.