BAPPEDA PROVINSI NTB DI PEMBUKAAN MUSRENBANG KOTA BIMA

By | March 4, 2014

Sebagai rangkaian dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, pelaksanaan musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) kabupaten/kota merupakan ajang bertemunya proses perencanaan dari atas ke bawah (top down) dan proses perencanaan dari bawah ke atas (bottom up) untuk tingkat kabupaten/kota. Untuk di Pulau Sumbawa, Kota Bima adalah kabupaten/kota pertama yang menyelenggarakan musrenbang. Pelaksanaan Musrenbang Kota Bima tahun 2014 ini mengambil tema “Dengan Musrenbang RKPD 2015, Kita Tingkatkan Pelayanan Publik melalui Penguatan Sumber Daya Manusia Menuju Kota Bima yang Sejahtera”.

Kabid Statistik di Pembukaan Musrenbang Kota Bima

Musrenbang Kota Bima dilaksanakan tanggal 4-5 Maret 2014 bertempat di Paruga Nae Convention Hall. Acara ini dihadiri oleh seluruh pimpinan pemerintahan dan pimpinan lembaga kemasyarakatan lainnya. Dalam sambutan Kepala Bappeda Provinsi NTB yang disampaikan oleh Kepala Bidang Statistik, Dra. Ratna Tunjung Luih, Apt., MScPH, menyampaikan berbagai program pembangunan Provinsi yang tertuang dalam RPJMD Provinsi NTB. Selain itu juga ditekankan agar perencanaan pembangunan berdasarkan isu yang akan ditangani oleh berbagai sektor, sehingga dapat lebih fokus dalam pelaksanaan pembangunannya.

Selain itu dalam sambutannya, Walikota Bima mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Bima atas dukungannya sehingga dicapai berbagai kemajuan yang dirasakan seluruh masyarakat. Walikota juga menyampaikan pesan kepada Pemerintah Provinsi agar perbaikan infrastruktur yang menjadi tanggung jawab Provinsi di Kota Bima segera dilaksanakan. Disamping itu Walikota Bima menyampaikan berbagai program prioritas dalam rangka pembangunan dan perbaikan sarana dan prasarana, pemberdayaan sosial dan ekonomi masyarakat, serta peningkatan pelayanan publik. Tak ketinggalan juga Walikota Bima meminta kepada jajarannya untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan Kota Bima apalagi tahun ini adalah tahun politik.