BAPPEDA PROVINSI NTB adakan kordinasi dengan Lembaga non pemerintah untuk mendukung SDGs

2

Mataram, 19 September 2018. BAPPEDA NTB bidang Ekonomi mengadakan rapat koordinasi bersama Lembaga non pemerintah terkait perencanaan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) tahun 2019-2023, karena RAD SDGs tahun 2016-2018 saat ini telah dalam tahap finalisasi. Sesuai Pasal 15 Perpres 59/2017 yang berbunyi “Untuk pencapaian sasaran TPB daerah, Gubernur menyusun RAD-TPB 5 (lima) tahunan Bersama Bupati/Walikota diwilayah masing-masing dengan melibatkan Ormas, Filantropi, Pelaku Usaha, Akademisi dan Pihak terkait lainnya”

Nuryanti Tadjuddin, Kepala Bidang Ekonomi BAPPEDA Provinsi NTB dalam sambutannya mengatakan bahwa Lembaga non pemerintah memiliki peranan dan tanggung jawab dalam menyukseskan goals SDGs. “Rencana Aksi Daerah (RAD) SDGs ini merupakan agenda 2 bulan kedepan Gubernur NTB yang baru yang pada hari ini tengah dilantik di Jakarta”, katanya.

Ada dua peran Lembaga non pemerintah dalam penyusunan RAD SDGs 2019-2023. Pertama memformulasikan program/kegiatan Lembaga non pemerintah yang mendukung indikator SDGs (format terlampir), kedua memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan RAD SDGs 2019-2023.

Salah seorang peserta, Syafruddin dari WWF mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menyamakan langkah dan memberikan kesempatan kontribusi kepada Lembaga non pemerintah, namun ia mengharapkan bahwa kegiatan ini tidak an sich dijadikan sebagai basis data dalam penyusunan RAD SDGs, namun harus dijadikan sebagai rencana bersama untuk mencapai goals SDGs.

Arif Mahmudi dari AIP PRISMA menambahkan bahwa harus ada sinergi antara Lembaga non pemerintah dengan pemerintah dalam mewujudkan goals SDGs. AIP Prisma sendiri komitmen untuk membantu masyarakat pada program pertanian terutama agribisnis.

 

Ada 40 lembaga non pemerintah yang dilibatkan dalam kegiatan ini, dan diharapkan sinergi antara Lembaga non pemerintah dan pemerintah dapat lebih ditingkatkan, tentu dengan melibatkan lebih banyak Lembaga kedepannya guna mewujudkan 17 goals SGDs yakni Tanpa Kemiskinan, Tanpa Kelaparan, Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Berkualitas, Kesetaraan Gender, Air Bersih dan Sanitasi Layak, Energi Bersih dan Terjangkau, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, Industri, Inovasi dan Infrasruktur, Berkurangnya Kesenjangan, Kota dan Permukiman Berkelanjutan, Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan, Penanganan Perubahan Iklim, Ekosistem Lautan,Ekosistem Daratan, Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh, serta Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

 

1 2 3 4 5 6