ACARA KOORDINASI TEKNIS PERENCANAAN PEMBANGUNAN (KORTEKRENBANG) TAHUN 2018 REGIONAL II.

IMG_8821 (Medium)

Mataram – Selasa 6 Maret 2018, Penyelenggaraan acara Kortekrenbang Tahun 2018 ini adalah Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Dalam Negeri Republik Indonesia, dan bertindak sebagai Ketua Panitia adalah Direktur Jendral Bina Pembangunan Daerah Ibu Ir. Diah Inrajati M.Sc.

Kortekrenbang Tahun 2018 adalah salah satu wadah bagi Pemerintah Pusat maupun Daerah untuk secara Bersama-sama bersinergi melakukan singkroinisasi dan harmonisasi guna mencapai target pembangunan nasional melalui penyelarasan program, kegiatan, proyek, target, lokasi, dan anggaran pembangunan nasional antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota masing-masing bidang urusan pemerintahan. Hal ini penting untuk di lakukan, mengingat bahwa target pembangunan nasioanl hanya dapat dicapai dengan adanya kontribusi Pusat dan Daerah sesuai dengan kewenangannaya.

Tujuan dari Kortekrenbang ini adalah antaralain singkronisasi perencanaan pembangunan nasional dan daerah serta pembagunan antar daerah Tahun 2019, tujuan yang lain adalah senagai penyelarasan program, kegiatan, proyek, target, lokasi, dan anggran pembangunan nasional antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota masing bidang urusan pemerintahan Tahun 2019.

Hasil/keluaran Kortekrrenbang adalah Bahan masukan penyusunan rancangan awal RKP 2019 dan Bahan masukan penyusunan rancangan awal RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota 2019.

Kortekrernbang Tahun 2018 ini di laksanakan di 2 (dua) Regional, Untuk regional I sudah dilaksankan di The Rich Hotel Jogja pada tanggal 26 Februari s.d 2 Maret 2018 kemaren yang di ikuti oleh 34 Kementrian/Lembaga dan 17 Provinsi Lingkup Sumatera, Jawa, dan Bali. Sementara nuntuk Regional II yang saat ini di laksanakan berada di Hotel Lombok Raya Mataram, Provinsi NTB tanggal 5 Maret s.d 9 Maret 2018 yang di ikuti oleh 34 Kementrian/Lembaga dan 17 Provinsi Lingkup Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Waktu penyelenggraan Kortekrenbang  Regional II di laksanakan selama 5 (Lima) hari mulai Senin 5 Maret sampai dengan jumat 9 Maret 2018 di Hotel Lombok Raya Mataram, yang akan di lanjutkan pembahsan/diskusi per desk.

Acara Kortekrenbang Tahun 2018 Regional II ini, dibuka secara resmi oleh Sekertaris Jendral Kementrian Dalam Negeri yakni Bapak Drs. Hadi Prabowo, M.M., yang di awali oleh laporan Ketua Panitia Oleh Direktur Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementrian Dalam Negeri Yakni Ibu Ir. Diah Indrajati, M.Sc.

Peserta Kortekrenbang Tahun 2018 ini terdiri dari Peserta dari Pemerintah Pusat sebanyak 34 Kementrian/Lembaga (Kementrian Dalam Negeri, Bappenas, Kementrian/Lembaga), Peserta dari Pemerintah daerah yang di hadiri oleh ( Sekertaris Daerah, Kepala Bappeda, Seluruh Kepala SKPD yang menangani urusan.

Untuk regional II adalah 17 Provinsi (Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku Uatar, Maluku, Papua Barat, Papua).