PENGUMUMAN REKRUTMEN TENAGA FASILITATOR

By | January 7, 2014

Bappeda Provinsi NTB pada tahun anggaran 2014 ini berencana untuk mengadakan kegiatan Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PUD) dengan alokasi anggaran yang bersumber dari APBN pada Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah (Ditjen Bangda) Kementerian Dalam Negeri Tahun Anggaran 2014. Berkaitan dengan hal tersebut akan dilakukan proses rekrutmen Tenaga Fasilitator (TF) yang akan diperbantukan pada kegiatan tersebut.

Bappeda Provinsi NTB akan melakukan seleksi terhadap calon TF-PUD dan akan merekomendasikan 5 (lima) orang kandidat yang selanjutnya akan diseleksi lagi melalui LPSE Kementerian Dalam Negeri. Adapun masa kontrak TF dimaksud adalah selama 10 (sepuluh) bulan terhitung dari bulan Februari – November 2014 dan berkantor di Bappeda Provinsi NTB, dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. KUALIFIKASI UMUM
    1. Pendidikan minimum strata dua (S2) di bidang ekonomi, manajemen, administrasi niaga/negara, pertanian (sosial ekonomi), koperasi dan UKM, kebijakan publik, dan/atau bidang lainnya yang terkait.
    2. Computer literacy (word, spreadsheet, presentation).
    3. Memiliki kemampuan menulis yang baik dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
    4. Mampu bekerja dalam teamwork.
    5. Mengenal Provinsi NTB dengan baik.
    6. Mampu berkomunikasi dengan bahasa daerah di Provinsi NTB.
    7. Menyerahkan surat referensi dari 2 (dua) orang ahli di bidang ekonomi, manajemen, administrasi niaga/negara, pertanian (sosial ekonomi), koperasi dan UKM, kebijakan publik, dan/atau bidang lainnya yang terkait.
    8. Membuat makalah tentang PUD dan bagaimana membangun kelembagaan ekonomi di tingkat Kabupaten/Kota (maksimal 5 halaman ukuran kertas A4 dengan 1,5 spasi).
    9. Menyampaikan Curriculum Vitae (CV) beserta lampiran pendukung yang berkaitan.
  2. KUALIFIKASI PROFESIONAL
    1. Memilki kompetensi dan pengalaman kerja dalam kegiatan pembangunan ekonomi atau perencanaa daerah minimal 5 tahun.
    2. Berpengalaman sebagai fasilitator/tenaga ahli/pendampingan yang bekerja dengan Pemerintah Daerah atau program pemberdayaan masyarakat lainnya (P2KP, P2D, PNPM, dan sejenisnya) minimal 3 tahun.
  3. KUALIFIKASI KHUSUS
    1. Memiliki pengalaman dalam perencanaan dan manajemen program dan proyek.
    2. Memiliki pengalaman di bidang pengembangan ekonomi daerah dan/atau produk unggulan daerah.
    3. Memiliki pengalaman sebagai fasilitator dalam proses pengambilan kebijakan publik secara partisipatif.
    4. Memiliki pengalaman dalam pengembangan koperasi dan UKM.
    5. Memiliki kemampuan analisis secara kuantitatif dan kualitatif.
    6. Memiliki pengalaman dalam pengembangan kerjasama Pemerintah Daerah dengan swasta dan sektor public.

Seluruh kelengkapan tersebut (CV, referensi, ijazah, makalah dan kelengkapan lain yang berkaitan) di masukkan dalam amplop tertutup dan diserahkan ke Bidang Ekonomi Bappeda Provinsi NTB, Jalan Flamboyan Nomor 2 Mataram, 83126 paling lambat hari Senin tanggal 13 Januari 2014.

Adapun gambaran tugas TF adalah sebagai berikut:

  • Melakukan monitoring dan evaluasi, supervisi, pendampingan, konseling dan konsultatif serta mengindentifikasi produk unggulan daerah dan stakeholder terkait pada lokasi program PUD.
  • Melalukan sosialisasi dan diseminasi peluncuran program PUD ke Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait.
  • Menyusun dan/atau mereview master plan dan analisis sektoral.
  • Melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam pelaksanaan program PUD.
  • Membantu meningkatkan kapasitas kelembagaan ekonomi PUD, baik kepada daerah maupu pelaku ekonomi.
  • Membantu daerah/stakeholders dalam meningkatkan kapasitas pemahaman dan program pengembangan PUD.
  • Membantu daerah/stakeholders dalam memetakan permasalahan PUD serta menyusun rencana tindak lanjut program dan kegiatan PUD di daerah.
  • Membantu daerah dalam menyusun database dan pemetaan potensi serta permasalahan PUD secara nasional.
  • Melakukan evaluasi terhadap pilot project peningkatan kapasitas pengembangan kelembagaan PUD daerah.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Karim Marasabessy di nomor 08175728741 dan email karimmarasabessy@yahoo.co.id.