SUKSES, BUMDES NTB DILIRIK INVESTOR MALAYSIA

ridwan-syah-640x359

MATARAM – Keberhasilan Badan usaha milik desa (BUMDes) dalam mengembangkan usaha di Kabupaten Bima, dilirik investor asala, Kuala Lumpur, Malaysia. Ketertarikan  pengusha Malaysia itu disampaikan langsung kepada Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri ketika menghadiri undangan pameran Indonesia Archipelago Exhibition di Kuala Lumpur beberapa waktu lalu.

“BUMDes di Kabupaten Bima dilirik investor asal Malaysia,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTB, H Ridwan Syah, Kamis (5/4).

Keberadaan BUMDes menggerakan perekonomian masyarakat, merupakan sebuah keberhasilasn yang patut apresiasi, serta menjadi motivasi bagi BUMDes lainnya di NTB. Pengenbangan BUMDes ini menjadi sangat penting untuk menggerakan perekonomian pedesaan.

“Karena itu penumbuhan jumlah BUMDes di NTB terus dilakukan Pemprov NTB,” jelasnya.

Menurut Ridwan, bahwa keberhasilan BUMDes di Bima, hendaknya menjadi contoh untuk dikembangkan di kabupaten/kota lainnya di NTB. Terlebih lagi BUMDes berdampak positif dalam roda perekonomian masyarakat pedesaan.

“BUMDes ini merupakan salah satu usaha strategis jika dikelola dengan professional,” jelasnya, ujarnya.

Dikatakannya, Bappeda NTB, di tahun 2018 sudah memperkuat sejumlah BUMDes yang ada di kabupaten/kota di NTB. Tahun 2019 mendatang ditargetkan ada 100 BUMDes dibantu pendanaannya dari APBD NTB.  Hal tersebut, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bersama empat kementerian. Keberadaan BUMDes ini merupakan salah satu pilar dalam rangka mendorong perekonomian masyarakat di desa.

“Keberadaan BUMDes ini akan menjadi program prioritas Pemprov NTB,” tutupnya. (bn)

Sumber : http://bisnisntb.com/2018/04/06/sukses-bumdes-ntb-dilirik-investor-malaysia/